Top Ad unit 728 × 90

Kontraprestasi adalah ? (Pengertian Kontraprestasi Pajak)

Kontraprestasi adalah ?, Kontraprestasi pajak adalah ?, Apa iti Kontraprestasi ? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin sesekali pernah terlintas dibenak kita. Secara umum Kontraprestasi Adalah tidak adanya timbal balik atau sesuatu yang bersifat tidak menghasilkan atau menguntungkan. Kontra = tidak setuju atau menentang sedangkan Prestasi ialah hasil hasil yang dicapai.

Kontraprestasi Pajak


Kontraprestasi adalah Tidak adanya timbal balik atau sesuatu yang bersifat tidak menghasilkan atau menguntungkan. Sedangkan Kontraprestasi dalam Pajak adalah iuran dari masyarakat untuk negara namun dengan tujuan bukan untuk mendapatkan untung tapi dipergunakan untuk keperluan umum atau untuk masyarakat itu sendiri agar ada kemajuan dan lebih sejahtera dalam bentuk fasilitas umum yang disediakan negara untuk rakyatnya. Untuk lebih jelasnya berikut penjelasan pajak menurut ahli yang terdapat kata Kontraprestasi :

Definisi Pajak menurut Prof. Rochmat Soemitro SH :

Pajak adalah iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan Undang-Undang (yang dapat dipaksakan) dengan "tiada mendapat jasa timbal" (kontraprestasi) yang langsung dapat ditujukan dan digunakan untuk membayar pengeluaran Umum.

Unsur Unsur pajak  :

1. Iuran rakyat kepada negara,yang berhak memungut pajak adalah negara, iuran berupa uang bukan barang.
2. Berdasarkan undang-undang, pajak dipungut berdasarkan atau dengan kekuatan undang-undang serta aturan pelaksanaannya.
3. Tanpa jasa timba atau Kontraprestasi dari negara secara langsung dapat ditunjuk, dalam pembayaran pajak tidak dapat ditunjukkan adanya Kontraprestasi individual oleh pemerintah.
4. Digunakan untuk membiayai rumah tangga negara, yakni pengeluaran yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Sedangkan Kontraprestasi dalam kontrak adalah sesuatu yang harus diberikan oleh satu pihak atas prestasi pihak yang lain. Biasanya kontra prestasi adalah uang yang dibayarkan oleh satu pihak dan barang atau jasa yang diserahkan oleh pihak lain. Pihak yang tidak melakukan kontra prestasi sesuai kesepakatan dikatakan melakukan wanprestasi.
Kontraprestasi adalah ? (Pengertian Kontraprestasi Pajak) Reviewed by Admin on Desember 24, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar:

All Rights Reserved by Kumpulan Segala Informasi Terbaru © 2014 - 2015
Powered By Blogger, Designed by Sweetheme

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.